Senin, 12 Februari 2018

Makanan Khas Asli Bukittinggi Yang Gak Kalah Enaknya Dengan Masakan Luar Negeri

Makanan Khas Asli Bukittinggi Yang Gak Kalah Enaknya Dengan Masakan Luar Negeri

Makanan Khas Asli Bukittinggi Yang Gak Kalah Enaknya Dengan Masakan Luar Negeri



Molly Kuliner - Telah di ketahui dengan kalau masakan Padang miliki banyak tempat tinggal makannya sendiri di beberapa daerah di Indonesia, bahkan juga luar negeri. Padang sendiri yaitu satu diantara lokasi di Sumatera Barat yang populer dengan makanan memiliki bahan basic daging serta santan. Masalah rasa, orang-orang Minangkabau lebih suka pada rasa pedas, hingga umumnya masakannya yaitu bercita rasa pedas.

Apabila anda berusaha untuk ketahui makanan apa sajakah yang endemik dari Sumatera, jadi kami sudah memberi sebagian obyek wisata kuliner. Bukan sekedar menaikkan pikiran, ke-2 puluh tujuh makanan persembahan mollykuliner. com ini dapat jadi rujukan anda waktu bertandang ke propinsi dengan semboyan Tuah Sakato itu. Berikut daftar makanan ciri khas Sumatera Barat yang dibarengi dengan gambar, info, serta penuturannya. 

Berikut Ini Adalah Beberapa Masakkan Khas Bukittinggi :



KACIMUIH



Olahan ciri khas Sumatera Barat cukup melimpah, yang pertama ada kacimuih. Meskipun di buat dengan bahan basic singkong yang relatif ‘ndeso’, tetapi sesudah jadi kacimuih jadi rasa-rasanya juga akan berlainan. Membuatnya dikerjakan dengan bahan singkong, gula (dapat gula putih dapat gula merah), serta parutan kelapa. Memiliki bentuk sendiri termasuk sederhana, ketela pohon barusan juga akan ditumpuk dengan kelapa parut ataupun gula. Tetapi rasa-rasanya juga akan begitu nikmat di mulut, ada rasa gurihnya parutan kelapa ataupun manisnya gula.

Membuatnya juga tidak susah, yaitu cukup hanya mempersiapkan singkong yang sudah terkupas, gula aren atau gula pasir, parutan kelapa, garam, serta vanilli. Singkong yang sudah bersih nanti juga akan diparut agak kasar lantas segera dapat dikukus. Diluar itu ada juga penambahan garam serta vanilli untuk berikan rasa pada singkong. Kurang lebih, sepanjang 20 menit, hasil kukusan telah masak serta telah dapat diangkat untuk dihidangkan dengan parutan kelapa serta gula putih.

Terkecuali gula putih, kacimuih dapat juga dikonsumsi dengan gula aren. Untuk pemakaian gula aren agak berlainan, karna kelapa parut mesti dibuat dahulu, sedang gulanya mesti telah cair, baru dapat ditempatkan di atasnya. Harga untuk satu porsinya cukup terjangkau, uang 3 ribu hingga 5 ribu rupiah telah cukup untuk membelinya.


GAJEBOH



Terkecuali Rendang, di ibukota Sumatera Barat, Padang, ada juga olahan beda bernama gulai gajeboh atau dimaksud juga sandung lamur. Bahan paling utama membuatnya yaitu daging sapi di bagian punuk, hingga umumnya juga akan ada banyak gajih (lemak). Tetapi kerena tersebut juga akan ada 3 varian rasa bila menikmatinya, yaitu rasa gurih yang umum saja, sebab daging semakin banyak dari lemak. Lantas ada rasa gurih normal yang juga akan muncul waktu gajih semakin banyak dari daging, tengah yang ke-3 begitu gurih karna cuma ada gajih saja dalam porsinya. Meskipun umumnya pada gajih dengan daging perbandingannya 3 : 1, hingga rasa-rasanya cenderung ke gurih.

Sesuai sama namanya, makanan ciri khas Sumatera Barat ini miliki kuah seperti gulai biasanya. Kuah yang dipakai yaitu asam pareh, tetapi dihidangkan tanpa ada santan sedikitpun, hingga penampilannya juga akan memerah. Terkecuali rasa gurih, karena kuah itu jadi juga akan ada cita rasa pedas yang muncul. Bahkan juga karena kombinasi pada kuah dengan adanya banyak lemak, banyak yang menyebutkan kalau gajeboh yaitu makanan paling lezat. Tetapi begitu tidak dianjurkan untuk pasien cholesterol tinggi, karna makanan dengan harga dari mulai Rp. 23. 500 plus nasi ini, dapat buat tengkuk merasa berat. Untuk memperolehnya, kunjungi saja Tempat tinggal Makan Lamun Ombak di Padang atau yang di Jakarta ada Tempat tinggal Makan Setuju.


ASEM PANDEH DAGING



Dari namanya saja, telah tampak kalau asem pandeh daging di buat dengan bahan basic daging, terlebih daging sapi. Walupun saat ini banyak tempat tinggal makan yang coba buat asem pandeh dari daging ikan ataupun daging ayam, jadi bukan sekedar daging sapi saja. Sesuai sama makna namanya yang bermakna asam pedas, rasa-rasanya juga demikian, asam pedas, karna di buat dengan cabai yang menguasai, serta ada asam kandis. Bila di buat dengan daging sapi, penampilannya juga akan begitu serupa dengan rendang, karna warna dagingnya yang cokelat, dengan sedikit kuah menyertainya. Untuk lebih membuat cantik penampilan, umumnya juga akan ditambah dengan irisan tomat di atasnya.

Bahkan juga makanan ini sering dihidangkan waktu acara-acara kebiasaan yang sakral, sebut saja waktu saat acara pernikahan, yang dihidangkan untuk beberapa tamu serta undangan. Pembuatan makanan ini cuma butuh mencampurkan bumbu halus berbentuk bawang merah serta bawang putih dengan daging, bahkan juga ditambah sekali lagi dengan cabai merah, jahe, asam kandis, serta tomat yang sudah dimemarkan. Sesudah didiamkan sepanjang 30 menit, baru kombinasi itu telah dapat digoreng hingga warnanya kecokelatan. Setalah masak, jadi telah siap dihidangkan dengan nasi, bila menginginkan membelinya, datang saja ke tempat tinggal makan di ranah Minang karna cukup banyak yang menjualnya.


LOMPONG SAGU



Satu diantara type kue yang langka didapati yaitu kue dengan nama lompong sagu. Bahan yang dipakai untuk buat lompong sagu yaitu tepung sagu, parutan kelapa, gula merah, santan, serta pisang kepok atau pisang raja. Makanan tradisionil Sumatera Barat ini datang dari daerah Minang dengan rasa menguasai manis serta ada aroma ciri khas pemanggangan. Memiliki bentuk sendiri begitu unik, sesudah usai dipanggang, umumnya juga akan dihidangkan diatas piring dengan bentuk kotak hasil potongan, dapat pula di beri taburan parutan kelapa.

Sedang pembuatan kue ini yaitu dengan langkah mencampurkan berbahan seperti, pisang kepok yang telah dihaluskan, tepung sagu, kelapa parut, gula merah halus, dan air seperlunya. Aduk adonan itu hingga betul-betul rata, lalu masukan adonan ke daun pisang sebesar 2 sendok makan adonan untuk dibungkus. Ke-2 ujungnya, kunci saja dengan lidi, hingga juga akan dengan gampang dipanggang. Waktu dipanggang, bolak-balik bungkusannya hingga betul-betul masak. Sesudah masak, lompong sagu dapat dihidangkan dengan memotongnya jadi bagian-bagian untuk dihiasi parutan kelapa atau menelannya dengan segera saat hangat.


SATE PADANG



Terkecuali nasi padang yang telah populer, ada pula makanan ciri khas Sumatera Barat beda bernama sate padang yang populer sampai Sumatera Utara Olahan sate ciri khas kota Padang itu di buat memakai daging sapi, bahkan juga ada lidah sapinya yang di beri kuah khasnya. Sesungguhnya bukan sekedar daging serta lidah sapi, tetapi ada juga bahan beda yang sering dipakai seperti jeroan berbentuk jantung, usus, serta paru. Sedang untuk bumbu yang dipakai yaitu bawang merah, bawang putih, kunyit, serai, jahe, cabai merah, serta bumbu yang lain. Bumbu-bumbu itu dibuat dengan kaldu sapi, lalu juga akan ditambah dengan tepung beras supaya lebih kental.

Umumnya penjual yang sering didapati di tepi jalan, juga akan menjajakannya dengan irisan ketupat yang tertutup bumbu kuahnya. Hal semacam ini karna bumbu kuah yang didapatkan sangat banyak yang menutupi ketupat di bawahnya, hingga juga akan makin nikmat rasa-rasanya. Rasa gurih dan pedas juga akan segera keluar di mulut waktu konsumsi satenya yang empuk. Sedang aroma yang juga akan muncul apabila menghirupnya juga akan tercium aroma kunyit serta serainya yang ciri khas. Perihal ini pula yang buat type sate ini banyak yang berminat, bahkan juga hingga ke luar Padang.


SATE LOKAN



Bila umumnya mengetahui sate cuma berbahan basic daging sapi, ayam, atau kambing, tetapi di daerah Minangkabau, khusunya Padang ada sate lokan. Apakah itu sate lokan? Sate lokan yaitu sate yang memakai bahan basic berbentuk kerang hijau. Meskipun awalannya hasil laut dengan nama latin Perna viridis L ini mempunyai warna hijau, tetapi sesudah dibuat juga akan bewarna oranye kemerahan. Seperti sate umumnya, sate kerang ini juga akan dihidangkan lewat cara ditusuk yang ditambah dengan kuah kentalnya.

Sebelumnya dapat dihidangkan, kerang juga akan terlebih dulu di rebus dengan terdapatnya penambahan bumbu halus yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, jahe, merica, jintan, kunyit, serta cabai merah. Bila akhirnya sudah masak, hasil kerang rebus barusan telah dapat ditusuk lantas dapat segera dibakar hingga warnanya kecokelatan. Akhirnya juga akan dihidangkan di piring dengan kuah hasil rebusan kerang barusan, tapi ditambah dengan tepung beras supaya kental. Sate yang juga akan ditaburi bawang goreng di atasnya ini juga akan lezat di nikmati dengan ketupat dengan cita rasa yang pedas dan gurih.


RENDANG SAPI



Jadi makanan ciri khas Sumatera Barat yang masuk dalam World’s 50 Most Delicious Food dari CNN pada th. 2011 lantas, rasa-rasanya rendang memanglah layak masuk 27 daftar ini. Makanan yang di buat memakai daging sapi ini bahkan juga memakai bumbu rempah yang melimpah untuk membuat satu porsinya. Sebut saja bermacam bumbu halusnya yakni cabai, bawang putih, lengkuas, bawang merah, kunyit, serta serai berada di sana. Belum juga penambahan santan jadi kombinasi waktu rendang dibuat yang membuatnya makin melimpah rempah.

Makanan yang bahkan juga telah di kenal di nyaris semua tempat tinggal makan Padang ini sudah di kenal oleh orang-orang luar Indonesia. Tidak heran memanglah, karna rasa-rasanya yang begitu meresap hingga kedalam daging karena pemasakannya yang lama. Sesudah semuanya bumbu serta potongan daging digabung jadi satu dengan santan, jadi waktu dibuat mesti selalu diaduk. Awalannya satu kualinya dapat berisi air yang banyak, tetapi sesudah dibuat dengan saat sekitaran empat jam, air juga akan habis serta bumbunya meresap ke daging. Hal tersebut yang buat rasa rendang begitu nikmat, demikian halnya waktu dikonsumsi dengan nasi.


RENDANG PARU



Bila umumnya rendang lebih identik di buat memakai daging sapi, jadi rendang paru yaitu pengecualiannya. Sesuai sama namanya, type olahan rendang ini di buat memakai paru-paru sapi yang lebih lunak serta basah di banding daging sapi. Bukan sekedar berbahan basic saja yang berlainan, karna bumbu-bumbu yang dipakai untuk memasaknya juga berlainan. Umumnya bumbu rempah yang dipakai yaitu bawang putih, jahe, lengkuas, cabai merah, serta dedaunan yang sudah dirajang. Lalu semuanya bumbu itu juga akan dihaluskan untuk nanti dibuat dengan paru sapi.

Bukan sekedar itu, pemakaian santannya juga membutuhkan ukuran yang semakin besar, yaitu sekitaran 1, 5 kali semakin banyak daripada rendang normal. Tetapi bila problem pemrosesannya, relatif nyaris sama, bahkan juga dapat disebutkan persis. Tapi akhirnya tetaplah berlainan, paru barusan yang sudah dibuat juga akan miliki struktur yang lebih keras dengan warna cokelat yang menguasai. Untuk mencicipinya, datang saja ke kota Payukumbuh dengan alamat Jl. Soekarno Hatta No. 37, karna disana ada tempat tinggal makan bernama rendang ‘Nikmat’.


GALAMAI



Galamai di Sumatera Barat sangat popular, hingga sebagian kota seperti Payakumbuh, Pariaman, Pasaman, serta Solok memiliki langkah memasaknya sendiri. Tetapi umumnya makanan asal Sumatera Barat dengan nama beda kalamai ini mempunyai komposisi bahan sama, seperti tepung beras ketan, santan, gula aren, serta kacang tanah. Mungkin saja ke-3 bahan pertama telah tidak asing sekali lagi untuk pembuatan dodol atau jenang, karna galamai memanglah serupa ke-2 makanan itu. Bedanya cuma pada taburan kacang tanah yang menghiasi galamai, hingga ada cita rasa yang berlainan di banding ke-2 olahan dari Jawa itu.

Untuk memasaknya juga agak serupa dengan dodol, yaitu dengan memasak beberapa bahan diatas dalam satu kuali besar dengan api yang stabil. Untuk membuatnya jadi lengket, pembuat mesti tekun mengaduk adonan galamai sepanjang 3-4 jam lamanya. Sesudah galamai barusan masak, setelah itu yaitu dengan memotong adonan jadi bentuk yang dikehendaki. Dengan rasa manis dari gula aren ditambah dengan renyahnya kacang tanah yang terlebih dulu disangrai, jadi juga akan hasilkan rasa galamai yang enak.


BAREH RANDANG



Di lokasi Darek yang terbagi dalam sebagian kota mencakup Payakumbuh, Tanah Datar, Agam, serta Lima Puluh Kota ada kudapan manis bernama bareh randang. Makanan ini nyatanya tidaklah type dari rendang, sesuai sama namanya yang agak nyerempet, tetapi nyatanya bareh randang yaitu olahan sendiri. Penamaan randang yang buat kita salah kira nyatanya mempunyai arti ‘menyangrai’ sesuai sama sistem pemasakannya. Sedang bareh didapat dari berarti yakni beras atau tepung beras sebagai bahan membuatnya. Bila ditilik dengan bhs seperti diatas, jadi dengan harfiah bareh rendang yaitu makanan dari tepung beras yang dibuat lewat cara disangrai yang digabung dengan cairan gula serta santan.

Akhirnya yang disangrai nanti juga akan membuat bareh randang yang mempunyai permukaan agak kasar tetapi sisi dalamnya lunak. Nanti gumpalan hasil pemasakannya juga akan dipotong-potong jadi bagian-bagian dengan bentuk lingkaran maupun persegi. Makanan kebiasaan Sumatera Barat dengan warna putih ini mempunyai rasa yang manis, hingga seringkali jadikan camilan, termasuk juga upacara kebiasaan. Sebut saja kebiasaan pernikahan serta perkumpulan kebiasaan, bareh randang juga akan dengan suka hati jadi sajiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar