Sabtu, 10 Februari 2018

Makanan Khas Asli Semarang

Makanan Khas Asli Semarang

Makanan Khas Asli Semarang



Molly Kuliner - Tak kalah dengan Bandung serta Jogja, Semarang juga miliki kuliner yang lezat. Beragam jenis jajanan serta makanan unik, mesti sahabat traveler cicipi pas traveling ke ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Rasa-rasanya ditanggung nendang! Inilah daftar makanan serta jajanan unik kota Semarang yang enak serta maknyus menggoyang lidah. 



Tahu Gimbal



Tahu gimbal yaitu makanan unik Semarang yang terdiri tahu goreng, gimbal, tempe, irisan kol serta disiram dengan sambal kacang. Gimbal yaitu udang yang digoreng dengan tepung. Gimbal ini rasa-rasanya gurih, manis, dan pedas. Nyam! Anda dapat coba kuliner ini di Simpang Lima. Harga seporsinya, kurang lebih Rp 10 ribu. Murah dan meriah serta perut lantas kenyang. 


Tahu Pong



Terkecuali tahu gimbal, tahu pong juga adalah makanan unik Semarang. Tahu pong yaitu tahu goreng yang garing serta gurih. Saat digigit, tahu ini tidak di isi apa pun atau kosong (kopong) . Oleh karenanya, tahu ini diberi nama tahu pong. 


Tahu Pong enak disantap pas panas. Lantas dicocol petis udang yang encer, berteman acar serta ulekan kasar cabai hijau. Rasa-rasanya benar-benar buat ketagihan. Harga seporsi tahu ini yaitu Rp 6 ribu saja. Anda dapat temukan penjual tahu pong di Simpang Lima, atau yang populer yaitu di Jl Gajah Mada, berseberangan dengan Gereja Bethel. 


Babat Gongso



Babat Gongso yaitu di antara kuliner Semarang yang mesti dicoba untuk traveler peminat babat. Anda dapat menemukannya di Nasi Goreng Pak Karmin, Jl Pemuda (Samping Jembatan Mberok) , Semarang. Terkecuali nasi goreng babat, babat gongso disini populer dengan rasa-rasanya yang unik. 


Babat gongso yaitu potongan Babat dan jeroan yang lain, seperti ati, limpa, paru atau iso, yang dibuat dengan bumbu kecap yang kental. Rasa manis serta pedas saat merasa. Tak cuma itu, babat ini begitu empuk. Untuk satu porsinya dibanderol harga Rp 25 ribu. Cukup mahal, tapi rasa-rasanya tdk juga akan sempat Anda lupakan. Top markotop! 


Lumpia



Semarang identik dengan lumpia. Ya, Lumpia Semarang yaitu jajanan yang paling diburu traveler pas bertandang kesana. Tak susah untuk mencari jajanan yang satu ini. Umumnya traveler berburu lumpia di kurang lebih Simpang Lima. 


Lumpia di Semarang populer dengan lezatnya. Lumpia itu yaitu kombinasi rasa pada Tionghoa serta Indonesia. Berikan cabai serta acar asam, jadi rasa-rasanya akan tidak sempat anda lupakan. Salah satu Lumpia yang populer di Semarang yaitu Lumpia Mataram yang miliki cabang di Jalan Mataram serta Jalan Kedungmundu Raya No. 16 Semarang. Harga satu lumpia kurang lebih Rp 9. 000, - s/d Rp 12. 000, -. 


Nasi Ayam



Nasi Ayam Semarang mirip-mirip dengan nasi liwet unik kota Solo. Nasi Ayam ini bersifat hidangan nasi putih yang merasa gurih karna dibuat dengan santan, yang disantap dengan suwiran daging ayam, sambal goreng labu siam serta krecek, tahu bacem atau tahu putih, serta telur pindang lantas diguyur dengan kuah santan. Harga satu jumlah di bandrol dengan harga Rp. 10. 000, - sampai Rp. 15. 000, -. Cukup murah bukan? 


Es Conglik



Tak komplit ke Semarang sebelumnya coba es conglik. Anda dapat mencicipinya di Simpang Lima persisnya, di samping Hotel Citraland. Es conglik punya sepuluh citra rasa yang fresh serta ditanggung tanpa ada bahan pengawet. Sebagian rasa-rasanya yaitu coklat, sirsak, kopyor, leci, kelengkeng, belewah, kacang ijo, durian, serta alpukat. Seporsinya, es ini seharga Rp 9 ribu. Benar-benar pelepas dahaga! 


Wingko Babat



Nah, bila yang ini jajanan Semarang yang paling populer, yakni wingko babat. Wingko babat adalah jajanan yang terbuat dari ulenan beras ketan serta kelapa yang dibakar. Rasa-rasanya lantas bermacam mulai, seperti durian, cokelat, nangka, sampai kelapa muda. Asiknya kembali, wingko babat tidak memakai pengawet lho! 


Harga satu wingko babat kurang lebih Rp 2. 000 saja. Umumnya, banyak wisatawan yang beli makanan ini dalam jumlah beberapa puluh untuk oleh-oleh. Anda dapat temukan wingko babat di area simpang lima. Terdapat beberapa tokonya, tinggal tentukan sesuai sama selera Anda. 


Bandeng Presto



Siapa yg tidak senang dengan bandeng presto? Ini yaitu ikan bandeng yang dibuat dalam panci bertekanan tinggi, atau dimaksud presto. Bandeng presto jadi oleh-oleh favorite wisatawan dari Semarang. Penyebabnya, bandeng presto dikemas dalam paket kedap udara serta awet bermingu-minggu andaikata disimpan dalam kulkas. 


Terdapat beberapa toko bandeng presto yang bisa Anda dapatkan di Semarang, di antara yang populer ialan Bandeng Juwana. Harga nya kurang lebih Rp 20-30 ribu untuk per kilogramnya. Umumnya bandeng presto nikmat disantap dengan nasi hangat serta sambal terutama. Maknyus! 


Pisang Plenet



Pisang Plenet yaitu jajanan unik Semarang yang enak tetapi sekarang ini telah tidak sering diketemukan. Pisang plenet adalah pisang kepok yang dibakar diatas arang, lalu ditekan dengan papan kecil hingga memiliki bentuk jadi pipih. Pisang yang dipakai sebaiknya pisang kepok raja yang punya rasa manis serta berwarna kuning. 


Pisang plenet yang di jual di gerobak-gerobak punya beragam pilihan rasa, di antaranya keju, coklat, atau nanas. Ada pula yang cuma ditaburi gula halus. Pisang plenet ini sanggup didapati di Jalan Pemuda dekat Gedung Lawang Sewu serta pusat jajajan toko Sri Ratu. Jam buka umumnya mendekati sore hari sampai larut malam. Satu tangkup pisang plenyet di jual dengan harga kurang lebih Rp 4. 000. Murah dan meriah banget bukan? 


Roti Ganjel Rel



Roti gandjel rel ini serupa dengan roti gambang. Teksturnya padat serta agak alot. Diberi nama roti gandjel rel karna memiliki bentuk yang serupa dengan bantalan rel kereta api. Roti ganjel rel adalah hidangan mesti dalam acara ‘dugderan’ atau pawai sebelumnya bln. puasa. 


Pada hari umum, Anda juga akan sedikit kesusahan temukan roti ini di bursa pasaran. Tetapi tdk butuh cemas, di pusat oleh-oleh Jalan Pandanaran, ada toko yang sediakan roti ini untuk dibawa pulang jadi oleh-oleh. Harga nya kurang lebih Rp. 20. 000, - per kotak. 


Nah, itu dia bermacam makanan unik Semarang yang mesti Anda cobalah. Rasakan sendiri nikmat serta lezatnya. Untuk sahabat traveler yang miliki rujukan makanan beda yang tdk kalah enak, dapat sharing di sini. Sekian informasi kuliner singkat dari saya, mudah-mudahan berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar