Selasa, 16 Januari 2018

Beberapa Tempat Wisata Kuliner Di Palembang Yang Terkenal Dan Ngehits Binggow

Beberapa Tempat Wisata Kuliner Di Palembang Yang Terkenal Dan Ngehits Binggow

Beberapa Tempat Wisata Kuliner Di Palembang Yang Terkenal Dan Ngehits Binggow


Molly Kuliner - Palembang begitu dikenal jadi kota Pempek, meskipun sesungguhnya kota ini menaruh beragam jenis kekayaan kuliner yang lain yang bercita rasa tinggi.

Ini adalah catatan perjalanan saya pada bln. Desember 2013, pada saat ini, saya mereferensikan 14 Rumah Makan obyek wisata kuliner di Palembang yang paling nikmat serta sayang untuk ditinggalkan, yakni : Warung Kopi H Madina, Martabak Har, Mie Celor 26 H. M Syafei Z, Pindang Sri Melayu, Pindang Sophia, Pindang Musi Rawas, RM Linggau, Pempek SAGA Sudi Singgah, Tekwan Wak Aba, Es Mamat Lapangan Hatta, Kerupuk Kemplang Suwandi serta ditutup dengan Pesta Durian Palembang.

Yuk kita mulai wisata kuliner di kota terkasih ini :


1. Warung Kopi H Madina Kuto 

Mencari sarapan pagi makanan ciri khas Palembang, saya tentukan Warung Kopi H Madina di jalan Dr M Isa, di kisaran Pasar Kuto Palembang.

Di Warung ini ada beragam jenis makanan ciri khas Palembang yang tidak sering didapati ditempat beda, seperti Burgo, Lakso, Laksan, Celimpungan serta beda lain. Jadi catatan, Warkop ini termasuk juga yang begitu laku, jadi supaya tidak kehabisan, baiknya kita datang di bawah jam enam pagi.

Burgo serta Lakso nyaris serupa, bahan dasarnya keduanya sama dari tepung beras serta sagu, Burgo dibuat lonjong sesaat Lakso di buat seperti mie. Kuahnya di buat dari santan serta ikan (umumnya ikan gabus). Di Warkop Madina ini, kuah Burgo bewarna putih, serta Kuah Lakso bewarna kuning (dari kunyit).

Ditambah bawang goreng serta sedikit sambal, Lembutnya burgo berpadu dengan gurih nya kuah santan serta kaldu ikan, begitu pas untuk mengikuti kopi pada pagi hari.

Ada pula Celimpungan serta Laksan yang masih tetap ber sauadara, keduanya memiliki bahan basic pempek dengan kuah santan, Celimpungan di buat bulat, sesaat laksan di buat pipih. Kuah Celimpungan bewarna kuning serta laksan kemerahan.

Diluar itu Warkop ini sediakan Nasi Uduk, Pempek, Tekwan, Lupis, Ketan, Srikaya serta bermacam Kue Kue yang lain.

Menurut saya yang paling mantap yaitu Nasi Uduknya. Nasi Uduk ini lebih enak bila dibungkus - mungkin saja karna wangi daun pisang nya semakin lebih merasa -. rasa santan nya cocok, tidaklah terlalu terlalu berlebih, berpadu dengan ikan teri, irisan tidak tebal dadar, emping serta sambal, rasa-rasanya yang ciri khas serta tidak beralih dari dahulu buat lidah saya ternostalgia masa kecil di Kota ini..

2. Martabak HAR \


Belum juga lengkap ke Palembang, bila tidak memakan sajian yang satu ini, Martabak HAR. HAR sendiri yaitu singkatan dari Haji Abdul Rozak, Saudagar Keturunan India ini telah wafat th. 2001, walau demikian Rumah Makan Martabak Har hingga saat ini tetaplah bertebaran di semua kota ini.

Kesempatan ini saya pilih Martabak Har yang paling dekat dengan tempat tinggal Almarhum Haji Abdul Rozak, yakni di di Jalan Jend Sudirman, Simpang Sekip Palembang.

Martabak ini berisikan telur (ayam/bebek) serta berkuah Kari dengan kombinasi kentang, ditambah kuah cuka serta irisan cabai rawit., Ukuran satu jumlah nya cukup nendang untuk isi perut yang keroncongan.

3. Mie Celor 26 Ilir


Siapa yg tidak tergoda dengan mie berkuah santan kental serta udang yang populer ini. Mie nya memiliki ukuran besar seperti spaghetti serta dihidangkan dengan taburan udang, bawang goreng, potongan telur rebus serta tauge (kecambah). Aroma udang yang ciri khas ini konon datang dari otak udang satang yang dilembutkan hingga hasilkan kuah yang bewarna kemerahan yang kental serta gurih.

Bila masih tetap belum juga senang dengan rasa udang pada jumlah standarnya, Anda bisa pesan penambahan potongan udang yang juga akan dihidangkan terpisah.

Berada di Jalan K. H Ahmad Dahlan, dekat Pasar 26 ilir, Mi Celor 26 H M Safei Z ini sayang untuk ditinggalkan bila anda bertandang ke Palembang, lebih nikmat di santap jadi sarapan pagi, sesudah jogging di bundaran Kambang Iwak Palembang yg tidak jauh dari tempat ini.

Di hari hari sesudah Lebaran, waktu warga Palembang yang merantau diluar kota mudik ke kampung halaman, umumnya Rumah makan ini hingga mesti menempatkan Tenda ditempat parkir untuk manampung luberan pengunjung yang membludak.

4. Pindang Sri Melayu Palembang


Bila bicara Pindang Palembang, satu diantara tempat yang paling recommended yaitu Rumah Makan Sri Melayu yang terdapat di Jalan Demang Lebar Daun Palembang, dekat Griya Agung (Istana Gubernur Sumsel) .

Tempatnya luas, nyaman serta bersih, dirumah makan ini ada bermacam type pindang serta sajian ciri khas Palembang yang lain, diantaranya Pindang Patin, Pindang Bawung, Pindang Ikan Salai, Pindang Udang, Pindang Tulang, Brengkes Patin, Ikan Saluang Goreng, Pentol/Bedug, bermacam sambal serta lalapan.

Pindang nya dihidangkan dalam tempat spesial yang diperlengkapi kompor spritus untuk melindungi supaya Pindang tetaplah panas. diperlengkapi dengan irisan nanas, tomat, potongan cabai, serta daun kemangi, rasa nya begitu fresh dengan gabungan asam manis serta sedikit pedas.

Terkecuali Patin, saya mereferensikan untuk coba Pindang Ikan Salai, ikannya di asap terlebih dulu sebelumnya di masukan ke Pindang, hingga rasa ikan asap yang gurih berpadu dengan kesegaran kuah Pindang yang asam manis, benar benar gabungan rasa yang prima, buat lidah seakan menari nari. dikonsumsi dengan nasi hangat serta sambal mangga (embem) , susah rasa-rasanya menahan diri tidak untuk nambah, apabila makan di sini, he2x

5. Pindang Sophia Kertapati


Saat ini kita menebarangi Sungai Musi, menuju ke Rumah Makan Pindang Sophia yang terdapat di Kertapati, persisnya di Jalan KHM Asik Palembang (Jalan ini terdapat di antara Kantor Camat Sebrang Ulu 1 serta Kantor Polsek Sebrang Ulu 1)

Rumah Makan ini populer dengan udang Satang nya yang memiliki ukuran begitu besar (Satang dalam bhs palembang bermakna galah, dinamakan sekian mungkin saja karna kaki udang ini begitu panjang hingga mirip galah)

Terkecuali udang Satang raksasa, Rumah Makan ini sediakan Pindang Patin, Pindang Baung, Brengkes (Ikan yang dipepes dengan durian yang telah difermentasikan), Ikan patin Goreng, bermacam sambal, lalapan serta beda lain

Kuah Pindangnya bewarna lebih kemerahan dengan taburan daun kemangi serta daun bawang yang fresh.

Makan di sini, lebih merasa nikmat dengan Kemplang Panggang, kemplangnya begitu gurih serta rasa ikannya begitu merasa (teraso nian iwaknyo)

6. Pindang Musi Rawas


Rumah Makan Pindang Musi Rawas ini terdapat di Jalan Angkatan 45 Palembang.

Rumah makan ini tidaklah terlalu besar serta tempat parkirnya terbatas, hingga saya anjurkan bila ingin coba lezatnya pindang di sini baiknya datang sebelumnya jam 11 siang.

Seperti Rumah makan Pindang yang lain, Rumah makan ini sediakan beragam macam Pindang diperlengkapi sambal serta lalapan.

7. Pindang Linggau


Satu diantara tempat makan pindang yang lain yang pantas dicoba di Palembang yaitu Rumah Makan Linggau,

Rumah makan ini berada di Simpang Empat, Jalan Radial Palembang

Terkecuali pindang, menu beda yang recommeded di sini diantaranya Brengkes Patin serta Pepes Ikan Peda.

8. Pindang Tulang Bu Darmin


Bila bicara Pindang Tulang, Tempat makan yang harus di singgahi pasti Rumah Makan Bu Darmin, Rumah makan ini terdapat di Jl A Yani Plaju Palembang (di sebrang kantor Pemasaran Pertamina Region II), serta ada cabangnya di Jl Pangeran Ayin, Kenten, di dekat IndoGrosir.

Kesempatan ini yang dipindang bukanlah ikan, tetapi tulang sapi (pasti masih tetap ada daging yang menempel di tulang), kuahnya lebih kental serta lebih manis di banding pindang ikan, tetaplah dengan taburan kemangi, serta tomat yang beri kesegaran.

Ketidaksamaanya yang lain pada pindang ikan serta pindang tulang pada umnya yaitu bila pindang ikan bumbu bumbunya tidak ditumis, sesaat pindang tulang bumbu bumbunya, seperti bawang, lengkuas, jahe serta beda lain di tumis terlebih dulu.

Pindang tulang Bu Darmin ini diperlengkapi potongan daun bawang serta cabai rawit fresh di dalam kuahnya yang kental, hingga rasa pedas bisa menyeimbangi rasa manis kuahnya.

9. Nasi Minyak Abuk Palembang


Jemu dengan Pindang, ada kuliner beda yg tidak kalah nikmat, yuk kita cobalah Nasi Minyak di RM H Abuk yang terdapat di Jalan Dr M Isa, 8 Ilir deket Pasar Kuto Palembang.

di sebut Nasi Minyak, karna adalah olahan nasi serta Minyak Samin. Lebih lezat dikonsumsi dengan lauk lauk pendamping seperti Malbi Sapi (daging sapi yang dibuat manis dengan kecap serta rempah rempah) , Kari Kambing nya yang begitu mantap, sate pentol, burung punai goreng serta pasti sambal nanas serta acar mentimun nya yang fresh.

Nasi minyak nya memliki cita rasa yang pulen, dipadukan gurihnya santan serta rempah rempah yang kuat. sesaat kari kambingnya bercita rasa cengkeh, kapulaga, ketumbar serta merica dengan gabungan yang cocok.

meskipun Rumah makan ini telah diperluas dari mulanya, tempat parkirnya masih tetap sempit, jadi supaya lebih gampang nikmati sajian di sini baiknya datang diluar jam jam puncak makan siang.

10. Pempek Saga Sudi Mampir


Berpindah dari menu makan siang yang berat, saat ini waktunya memakan makanan yang lebih enteng yang pas di nikmati di Sore hari.

Kesempatan ini saya pilih Pempek Saga Sudi Singgah yang populer dengan Pempek Panggang serta Lenggang nya yang lembut dengan rasa ikan yang kuat.

Pempek panggang atau bila dalam bhs Palembang nya Pempek Tunu, yaitu macam beda dari Pempek yang tidak sering didapati di Kota beda.

Rumah makan Pempek Saga Sudi singgah ini terdapat di Jl Merdeka, persis di Seberang Kantor Walikota Palembang, serta sekarang ini sudah mempunyai cabang di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang, tidak jauh dari Griya Agung (Istana Gubernur Sumatera Selatan)

Pempek Panggang sesuai sama namanya dibuat lewat cara dibakar/di panggang, sesaat pempek lenggang, memiliki bahan basic sama, namun digabung dengan telur bebak serta ditempatkan di wadah yang terbuat dari daun pisang sebelumnya di panggang.

Rasa ikan dari Pempek dirumah makan ini begitu merasa, teraso nian iwaknyo (Pempek di sini memakai ikan gabus), dengan struktur yang begitu lembut, sunggguh nikmat dipadukan dengan cuka yang pedas, untuk menyembuhkan rasa pedas, Es Kacang Merah yang fresh adalah pilihan yang cocok.

11. Tekwan Wak Aba Bukit Besar


Masih tetap memiliki bahan basic pempek, Tekwan yaitu makanan ciri khas palembang yang lain yang dihidangkan dengan kuah kaldu udang yang diperlengkapi dengan jamur kuping serta irisan bengkuang.

Satu diantara Warung Makan yang menghidangkan Tekwan paling enak menurut saya yaitu Warung Pempek Wak Aba yang terdapat di Jalan Srijaya Negara Bukit Besar Palembang (tidak jauh dari Universitas Saat Sarjana UNSRI menuju simpang Demang Lebar Daun)

Buliran tekwan yang kenyal begitu lezat dipadukan kuah dengan irisan udang, jamur kuping, bengkuang, daun bawang serta bawang goreng.

Tidak sering didapati kuah tekwan dengan irisan udang yang banyak seperti di warung ini.

12. Es Kacang Merah Mamat Lapangan Hatta


Disiang hari yang panas, nikmatnya kita menuju ke satu diantara tempat kuliner legendaris yang lain di palembang, yakni Es Mamat. yang berada di satu komplek perumahan elite di palembang, tidak jauh dari Lapangan Hatta Palembang.

tempatnya begitu sederhana, cuma Gerobak Kaki lima umum, walau demikian rasa-rasanya yang mengagumkan sudah mengundang beberapa orang mencari tempat ini.

Es ini benar-benar enak, kacang merahnya yang lembut serta manis, dipadukan dengan parutan es, susu, alpukat serta cincau, ditanggung buat anda ketagihan.

Ditempat ini ada makanan ciri khas Palembang yang lain seperti pempek Panggang, Lenggang, tekwan, jenis serta beda lain,

tempat bisa kaki lima, tapi rasa-rasanya bintang lima bung.

13. Kerupuk serta Kemplang Suwandi


Palembang dipenuhi dengan olahan makanan memiliki bahan basic ikan, salah nya ialah Kerupuk serta Kemplang yang pas jadikan bahan makanan ringan atau rekan makan nasi.

Penganan yang satu ini juga dapat diambil jadi alternatif oleh oleh dari palembang terkecuali pempek.

Saya pilih Kerupuk serta kemplang Suwandi yang layak untuk direferensikan.

Rasa kemplang nya begitu mantaaap, ibaratnya bila jadikan rekan makan nasi, cuma dengan kemplang ini serta sambal, sepiring nasi dapat ludes.

Toko ini terdapat di Jalan Letkol Iskandar, dekat tempat Pelatihan Bhs Inggris Syailendra, ada juga cabangnya di jl pengadilan Lama, 15 Ilir Palembang.

Di sini banyak terdapat pilihan bermacam kerupuk serta kemplang antar beda memiliki bahan ikan Belida, ikan Putak, udang, serta cumi.

14. Pesta Duren Palembang


Jadi penutup, bila anda bertandang ke Palembang di waktu musin Durian (Duren), janganlah terlewat peluang untuk berpesta duren,

di sini duren duren belamburan sangking banyaknyo.

Umumnya durian di Palembang datang dari Lahat, Muara Enim, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Bengkulu serta daerah daerah sekitarnya

Pada musim nya, begitu gampang temukan Durian di Palembang, nyaris di semuanya pojok jalan kota Palembang dipenuhi pedagang durian, diantaranya di sekitaran Pasar Kuto Palembang, di sekitaran pasar 26 palembang, selama jalan Rajawali, selama jalan Demang lebar daun serta beda lain.

Jadi satu diantara sentra penghasil Durian, banyak Kuliner Palembang yang memiliki bahan Durian, diantaranya Tempoyak, Brengkes, Lempok, serta beda lain.

1 komentar:

  1. Waow Pindangnya terasa beda banget rasanya, enak banget kak, boleh nanya resepnya kak??

    BalasHapus