Jumat, 26 Januari 2018

Makanan Khas Betawi









Makanan Khas Betawi



Molly Kuliner - Makanan Ciri khas Betawi – Betawi jadi satu diantara suku yang berada di Pulau Jawa mempunyai kearifan budaya lokal yang melegenda. Untuk beberapa orang yang tinggal di lokasi Jakarta serta sekelilingnya tentu akan tidak asing dengan sebagian kekhasan dari suku betawi ini, dari mulai kebiasaan istiadatnya s/d kuliner khasnya. Nah, Pada saat ini, mari kita sedikit mengintip hidangan makanan ciri khas betawi serta penuturannya.


Tersebut penjelasannya :



Kerak Telor



Kebanyakan orang tentu tahu kerak telor, makanan ciri khas betawi yang senantiasa ada di tiap-tiap festival ini favorite warga lokal. Tersebut resep makanan ciri khas betawi kerak telor. Pertama-tama kocok satu butir telur bebek, berikan 1/2 sendok teh bumbu halus, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang goreng, seperdelapan sendok teh garam, serta seperdelapan sendok teh gula pasir. Lalu siram ke atas ketan yang sudah di rendam dengan air semalaman. Aduk-aduk sembari ratakan di penggorengan, tunggulah hingga masak. Jadilah kerak telor favorite warga betawi.


Nasi Ulam



Nasi ulam ini adalah penyesuaian dari budaya cina. Nasi ulam memakai nasi pera yang disiram semur baik itu kentang, tahu, ataupun telur dengan penambahan cumi asin goreng, telur dadar irislah, perkedel kentang, dan bihun goreng. Janganlah lupa penambahan daun kemangi, sambal, serta bawang goreng dan taburan kacang tanah tumbuknya supaya lebih sedap.


Soto Betawi



Makanan ciri khas betawi yang populer dengan juga sebutan sobet ini dibuat dari daging sapi, tomat serta kentang yang disiram kuah santan. Soto betawi dihidangkan dengan sepiring nasi putih hangat serta es teh. Soto betawi adalah satu diantara kuliner ciri khas betawi yang legendaris serta dapat bertahan di masa modernisasi ini.


Asinan Betawi



Camilan ciri khas betawi yang satu ini diisi sayuran yang dihidangkan dengan kacang goreng, bumbu kacang, cabai, cuka, dan kerupuk. Isi dalam penyajiannya tersebutlah yang membedakan asinan betawi dengan asinan beda di jawa barat.


Dodol Betawi



Makanan kecil ciri khas betawi berwarna hitam kecoklatan ini memiliki varian rasa yang lebih sedikit bila dibanding dengan dodol biasanya. Dodol betawi cuma terbagi dalam rasa ketan putih, ketan hitam, serta durian. Bahan baku dodol betawi yaitu ketan, gula merah, gula pasir, dan santan yang dibuat dengan bahan bakar kayu bakar.


Kue Ape atau Kue Tete



Makanan ciri khas betawi asli ini miliki dua sebutan, yakni kue ape serta kue tete karna memiliki bentuk. Kue yang berupa bulat tidak tebal dengan pinggir yang garing serta ada tonjolan ditengahnya ini didominasi warna hijau. Rasa-rasanya gurih serta manis.


Roti Buaya


Siapa yang tidak paham dengan makanan ciri khas dari betawi satu ini? Roti buaya yaitu makanan ciri khas orang-orang betawi, terutama mereka yang tengah mengadakan acara lamaran atau pernikahan. Rasa-rasanya yang enak serta memiliki bentuk yang unik seperti buaya jadikan roti ini jadi favorite beberapa pengunjung yang datang ke kota jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar