Sabtu, 13 Januari 2018

Tempat Wisata Kuliner Di Medan Yang Wajib Banget Kamu Cobain




Tempat Wisata Kuliner Di Medan



Tempat Wisata Kuliner Di Medan


Molly KulinerBerlibur memanglah kurang lengkap jika belum juga singgah ke obyek wisata kuliner yang berada di kota Medan karna di sini banyak tempat makan plus tempat nongkrong seperti (resto serta cafe) yang enak, unik, buka 24 jam serta murah. Diluar itu ada pusat jajanan ciri khas medan yang buka mulai pagi, siang hari sampai larut malam. Anda dapat bertandang dengan keluarga serta teman dekat untuk menelusuri tujuan wisata kuliner yang berada di kota ini. Jika anda datang dengan kekasih atau pacar ada banyak pula tujuan kuliner yang menghidangkan situasi romantis dengan harga yang begitu bersahabat, tetapi masalah rasa jika kata Pak Bondan Winarno “tetep nuendang pol”. Tersebut informasi daftar tempat obyek wisata kuliner ala Balazha yang dapat anda cobalah waktu bertandang di kota Medan, sebagian tempat ini cukup populer didunia maya seperti instagram serta beda – beda.


Beberapa Tempat Wisata Kuliner Di Medan Antara Lain :



Panduan Top



Bila Surabaya miliki restoran es cream yang melegenda dengan nama Zangrandi, jadi janganlah cemas bila kalian ada di Medan. Medan juga miliki restoran es cream yang yang melegenda. Restoran Panduan Top harus kalian kunjungi waktu kalian ada di Medan. Restoran ini menghidangkan es cream dengan resep nenek moyang yang masih tetap di lakukan hingga sekarang ini. Berdiri mulai sejak th. 1930an sampai saat ini, tempat ini masih tetap menyuguhkan dekorasi serta langkah memasak yang sama dengan pada th. 1930 itu. Meskipun jaman telah makin moderen tapi restoran ini masih tetap memasak makanan dengan tungku kayu bakar peninggalan jaman penjajahan belanda. Bila cuma diliat es cream ini sama dengan es cream umumnya tetapi rasa-rasanya sedikit berlainan, Es cream di restoran Tip-top merasa lebih bersalju serta padat, es krimnya tidak gampang cair meskipun didiamkan cukup lama. Rasa manisnya cocok serta tidak buat rasa haus. Dulunya resto ini jadi tempat berkumpulnya orang Belanda dari perkebunan ataupun pemerintahan untuk nikmati breakfast di jaman colonial. Sesudah Indonesia merdeka, Panduan Top perlahan-lahan mulai dikunjungi masyarakat lokal terlebih di kelompok menengah serta atas. Turis-turis luar negeri terutama warga negara asing dari Belanda paling menyukai tempat ini karna dekorasi interior Belanda yang banyak dipajang. Situasi tempo dahulu, membawa pengunjungnya rasakan seperti ada di th. 1930 an, di masa berdirinya restoran Tip-top untuk pertama kalinya. Panduan Top bisa anda kunjungi di lokasi Kesawan, Jalan Ahmad Yani, Medan.


Mie Aceh Titi Bobrok



Selama jalan di Kota Medan tentu dengan mudahnya kita temukan warung pedagang mie aceh. Mi aceh yang populer di Medan ini yaitu mi Aceh titi Bobrok. Mi aceh titi bobrok ini ada di jalan setya budi bukanya mulai jam 11 siang hingga jam 9 malam. Tempat tinggal makan di dekat jembatan ini miliki menu andalan mie dengan kombinasi kepiting, dapat mie goreng atau mie kuah. Mi aceh ini yaitu mi kuning yang dibuat pedas. Pedasnya cukup menyengat, serta dalam penyajiannya senantiasa ditemani dengan lalap mentimun, sebagian potongan emping, acar dengan irisan bawang, serta dihidangkan dalam jumlah yang cukup besar Harga satu jumlah untuk mie kuah dengan daging atau kepiting sekitaran Rp 17. 000. Apabila menginginkan sedikit murah, dapat pesan mie kuah atau mie kering umum yang cuma Rp 8. 000. warung mi Aceh ini dikatakan sebagai Mie Aceh Titi Bobrok karna cikal bakalnya warung ini dahulu yaitu warung kecil yang ada di tepi jembatan yang telah rusak.


Wajir Seafood



Kita icipi sajian satu diantara restoran seafood yang berada di Medan, satu diantara namanya yaitu Wajir Seafood. Tempat makan yang satu ini senantiasa saja ramai pengunjung bila telah masuk saat malam. Resto yang ada di jl colonel sugiono ini sediakan menu olahan seafood yang begitu populer diantaranya serta memiliki bahan basic bermacam ikan, kepiting, udang serta cumi-cumi. Untuk menunya diantaranya Cumi Telur Asin, Ikan Steam Tiociu, Udang Goreng Telur Asin, Kangkung Belacan Seafood, serta Belut Cabai Hijau. Jadi bila ke Medan janganlah terlewat nikmati seafood di Wajir. Nama wajir sendiri datang dari nama jalan di mana tempat makan ini berdiri yakni jalan colonel sugiono yang dulunya serta orang medan mengenalnya dengan nama jalan wajir. Harus dicoba buat ke sini, tidak buat kantong bolong karna harga nya yang relatif bersahabat dengan pelayananpun cukup cepat, ramah, serta bagus. Harga yang di tawarkan di sana sekitaran 20ribu rupiah sampai 30ribu rupiah per porsinya cukup murah kan untuk sajian seafood. Wajir seafood buka jam 16. 30 sampai jam 23. 00 WIB sehari-harinya tetapi jika hari sabtu bukanya mulai jam 11. 00 siang WIB. Sehari-harinya jam berapapun bukanya wajir Seafood ini tidak sempat sepi konsumen.


Gardenia Tropical Garden Resto



Medan dapat juga jadi satu diantara tujuan wisata yang rekomendes buat kalian beberapa teman dekat, pasangan atau keluarga. Bagaimana tidak, menurut sejarahnya Kota yang disebut ibu kota propinsi Sumatra Utara ini adalah kota paling besar ke tiga di Indonesia. Karenanya seringkali wisatawan juga berkunjung ke medan jadi tujuan berlibur mereka. Untuk kalian pasangan yang tengah berbulan madu serta memerlukan tempat makan yang romantic kalian dapat mengunjungunjungi Gardenia Tropical Garden Resto yang berada di jalan jalan Dr Mansyur no. 8, Padang Bln. Selayang 1 tetapi saat ini resto ini cuma berubah sebagian mtr. ke di Jl. STMK Dalam No. 2A masuk dari Jl. Dr. Mansyur. Agak sulit mencari tempat ini, karna anda mesti menelusuri satu jalan kecil. Namun malah disinilah mengapa tempat ini mempunyai kekhasan sendiri karna tempatnya jauh dari keramaian serta suasananya asri serta adem. Resto ini dedesain dengan ruang ooutdor serta indoor dengan design interior yang menyatu dengan rencana serta buat kalian juga akan terpukau dengan kemewahannya. Terkecuali untuk beberapa pasangan tempat ini rekomended banget buat enjoy bareng keluarga dengan nikmati kudapan yang disiapkan di sana, atau untuk kalian teman teman yang sekali lagi reuni tempat ini rekomended agar dapat mengabadikan peristiwa di sana. Menu-menu yang dihidangkan di Gardenia Tropical Garden Resto menggunakan beberapa bahan tradisionil sebagian salah satunya yaitu ayam hitam manis, ayam pepes legian, nasi goreng rempah rempah serta banyak sekali lagi. Tapi tidak cuma makanan berat kok camilan untuk makanan ringan bersantai juga ada seperti durian tempura, chese potato skin danmasih banyak sekali lagi. Untuk minumnya juga jenis macam ala café. Untuk harga memanglah sama dengan rasa serta tempat yang nyaman banget serta ekstra elegan ini. tapi masih tetap gampang di jangkau kok.


Warung Sate Memeng



Di medan tidak hanya makan- makanan restoran kok yang hits, bahkan juga memiliki menu makanan yang enak. Diwarung tepi jalan juga mempunyai menu makanan yang enak. Salah nya ialah warung sate memeng. Warung ini benar benar di tepi jalan karna dibuat di atas trotoar. Meja serta kursi untuk makan juga di trotoar, tidak besar dan tidak mempunyai tempat parkir. Tapi warung ini telah berdiri mulai sejak 1945 yang di rintis oleh H. Muhammad Saimin atau yang seringkali di panggil Memeng maka dari itu warung sate ini diberi nama warung sate memeng. Namanya saja telah warung sate jadi telah tau kan menu apa yang dihidangkan di sini? Ya Sate. Sate memeng ini sama dengan sate umum biasanya, terbagi dalam sate daging sapi/lembu dan ada pula sate daging ayam sampai sate diisi jeroan sapi. Satu jumlah sate di sini dibandrol dengan harga 20ribu rupiah dengan isi 5 tusuk sate saja tetapi potongan dagingnya begitu besar besar. Seperti sate biasanya sate di sini juga disiram dengan bumbu kacang bedanya kacang dicincang kasar dengan kuah kecoklatan jadi sate dihidangkan dengan bumbu yang encer seperti kuah. Meskipun dagingnya dipotong besar besar tetapi teksturnya tetaplah lembut kok karna dibumbuin dahulu baru ditusuk serta di bakar. Terkecuali sate warung ini menghidangkan menu beda yakni Mi rebus. Mi rebus di sana serupa dengan mi kocok bandung. Lengkap dengan tauge, kentang rebus sampai kerupuk kanji dengan kuah yang kental serta berwarna kecoklatan. Rasa kuahnya sedikit manis, gurih dengan aroma bawang serta bumbu kari dapat kalian rasakan. Uniknya mi rebus ini bisa disantap berbarengan dengan sate dengan mencampurkan kuah sate dalam mi lalu sate jadi lauknya. Benar-benar nikmat bukanlah. Sate memeng ini ada di jalan irian barat depan uniland Medan Sumatra Utara buka jam 6 sore sampai 1 dinihari.


Soto Kesawan



Sarapan yang paling nikmat umumnya pakai soto nih, karna kuahnya yang hangat juga akan buat kita fresh juga pada pagi hari belum juga bila sotonya memiliki kandungan bahan seperti santan, semakinlah mengenyangkan sebelumnya lakukan kegiatan supaya lebih fresh. Satu diantara warung soto yang dapat kalian kunjungi waktu bertandang di medan yaitu Soto Kesawan. Soto kesawan ini meliliki special lauk, yang umumnya soto disajikan dengan isian ayam, daging, serta jeroan jadi di Soto kesawan bukan sekedar sediakan itu tetapi ada isian udang juga hmm beda daripada yang beda kan. Dari sebagian pilihan isian lauk di sana kalian dapat pilih sesuai sama selera kok. Harga yang di banderol oleh warung soto kesawan ini cuma 22ribu rupiah per jumlah. Tapi tenang harga asefitu kalian telah bisa menukmati kuah soto bersama lauk pilihan sepiring nasi serta jadi pelengkap supaya menelan kudapan ini makin sempurnya yaitu cabe. Mengapa cabe bukanlah sambal? Nah itu dia kekhasan warung iniyang disiapkan untuk pelengkap soto yaitu cabai hijau yang digabung dengan kecap manis, serta yang paling mesti diinget memakannya juga berlainan janganlah campur cabe dalam soto tapi konsumsilah cabe dengan nasi serta isian soto ditanggung juga akan buat anda ketagihan menelannya. Terkecuali menunya yang mengundang selera servicenya juga mengesankan kok beberapa pramu saji yang ramah juga akan buat anda suka. Situasi interior di sini ala kandungannya, penerangan didalam warung di sini bisa disebut kurang jelas serta terlihat cat tembok tampak tua. Walaupun itu, disisi beda anda juga akan rasakan situasi nikmati kuliner ciri khas Medan dalam bangunan colonial. Bila kalian menginginkan mencicipinya, kalian cukup datang ke jalan Ahmad Yani (depan Tjong A Fie Mansion) , Medan, Sumatra Utara


Soto Cahaya Pagi



Inilah soto ciri khas medan yang paling popular di banyak kelompok, serta tidak Hanya di medan di banyak daerah di luar medan juga banyak juga yang mengetahui soto yang satu ini. tidak heran jadinya bila miss universe sempat berkunjung untuk mencicipi Soto cahaya Pagi waktu ia bertandang ke ibu kota propinsi Sumatra Utara ini. Warna kuah soto yang kuning kehijauan jadi keunikan soto Medan, yang membedakannya dengan soto daerah beda. Soto di sini sediakan dua varian isian soto yakni daging sapi serta daging ayam. Tidak lengkap apabila soto ini tidak disiapkan dengan perkedel san sambal ala cahaya pagi hari ini. rekomended banget buat kalian yang senag dengan soto serta tidak ada kelirunya buat cobalah soto ciri khas medan ini. diberi nama cahaya pagi, mungkin saja karna memakan soto nikmatnya pada pagi hari kali ya, atau karna bukanya pada pagi hari? Ya, Soto cahaya pagi hari ini buka mulai jam 07. 00 WIB hingg jam 14. 00 WIB. Alamatnya berada di Jalan Sei Deli, simpang Gatot Subroto, Medan Sumatra Utara. Jadi janganlah kaget bila seringkali macet karna banyak konsumen yang menginginkan sarapan dengan satu diantara makanan khasnya mesan yakni Soto cahaya Pagi.


Sate Padang Al-Fresco



Sate padang benar-benar sangat disukai untuk warga medan serta sekelilingnya. Sate padang sendiri adalah sate yang biasanya memakai daging kambing serta dadging ayam. Bumbu satenya juga cukup ciri khas karna memakai rempah rempah yang di racik spesial serta menurut selera orang padang biasanya. Sate padang di Sumatra Utara ini begitu populer banget, maka dari itu seringkali orang berjualan sate padang di medan juga. Satu diantara tempat makan sate padang di medan serta mempunyai banyak cabang yaitu Sate padang Al-Fresco. Tempat di jualnya sate padang dengan nama Al-Fresko diantaranya berada di Jalan Perniagaan, Jalan H. M. Yamin/Serdang (Samping Bandrek Sahib) , Jalan Setia Budi serta di Merdeka Walk. Sate padang al-fresco ini populer karna kuahnya yang gurih dan pedas. Salahsatu cabang yang cukup ramai yaitu di daerah perniagaan. Harga sate padang di sini di banderol cuma 20ribu rupiah per jumlah.


Tempat tinggal Makan Tabona



Orang medan yang mana yang tidak paham tempat tinggal makan yang satu ini, tempat tinggal makan tabona. Tempat tinggal makan Tabona telah jadi icon selama hidup punya kota Medan mulai sejak beberapa puluh th. yang kemarin. tempat tinggal makan ini jadi tempat tinggal makan yang legendaris serta banyak di kunjungi oleh wisatawan di Medan. Tempatnya memanglah tidak terlau besar, tetapi tempat tinggal makan yang telah beberapa puluh th. ini tetaplah ramai pengunjung, terlebih di jam-jam makan siang, jalanan di sekitaran tempat tinggal makan ini jadi tujuan kemacetan kendaraan yang parkir untuk makan dirumah makan ini. menu yang di tawarkan dirumah makan ini yaitu kari jadi menu andalan, ada kari ayam, kari sapi, serta kari bihun. Disini juga ada bermacam jenis lauk pelengkapnya, dari mulai kerupuk, emping, sate, dan sebagainya. Tempat tinggal makan ini umum repot di jam-jam istirahat beberapa karyawan yang berkantor dimuka tempat tinggal makan ini. Maka dari itu bila agan punya niat ke sini upayakan untuk hindari jam-jam penuh saat makan siang. Rasa kari yang disajikan demikian menggugah selera, dengan bumbu yang meresap kedaging serta kuah yang kental. Harga yang di bandrol dirumah makan ini relative murah yakni cuma sekitaran Rp 26. 000 saja per porsinya. Atau bila kalian tidak sukai dengan makanan berkuah jadi dapat menjajal menu alternatif yang lain satu diantaranya seperti mie pangsit, yang berbanderol Rp 15. 000 saja per jumlah. Tempat tinggal makan ini buka dari jam 07. 00 sampai jam 22. 00 WIB letaknya berada di persimpangan Jalan Kol. Sugiono serta Jalan Mangkubumi (lokasi Wajir) .


Tempat tinggal Makan Sipirok



Terkecuali tempat tinggal makan tabona, tempat tinggal makan yang satu ini juga cukup populer di Medan Sumatra Utara. Bila tempat tinggal makan tabona sediakan menu special kari, jadi dirumah makan Sipirok sediakan special sup iga serta sum sum. Hmm sepertinya pantas banget tempat ini jadi tempat yang rekomended buat kalian penggemar iga bersama sumsum tulang, karna tempat tinggal makan Sipirok lah yang paling special sediakan dua bahan makanan andalan itu. Jumlah yang dihidangkan cukup besar, daging yang empuk serta rasa sumsum yang super gurih saat kalian menyedot tulangnya rasa lumeran sumsum juga tenggelam di lidah, ditambah sekali lagi kuah sopnya yang gurih enak serta fresh menaikkan hasrat lidah makin menggebu-gebu. Sop iga serta sum sum tulang ini memanglah jadi makanan harus cobalah, bila kalian melalui depan tempat tinggal makan ini saja kalian juga akan terheran serta penasaran, bagaimana tida sehari-harinya tempat tinggal makan ini dipenuhi pengunjung juga akan telah parkir tiap-tiap siang serta juga akan kehabisan tiap-tiap sore. Karna tempat tinggal makan ini cuma buka dari jam 10 hingg 3 sore saja. Terkadang juga sebelumnya jam itu juga telah habis. Harga nya cukup menarik mulai 35ribu saja, kalian dapat merasakan enaknya sop iga ala Medan Sumatra Utara. Untuk temukan tempat tinggal makan ini cukup gampang kok yakni bila dari Jalan Gatot Subroto beloklah ke kiri ke Jalan Sunggal bila telah tiba di simpang Sei Sikambing, tetapi bila anda berkendaraan dari arah Binjai, berlaku kebalikannya.


Coffee Box



Ngopi di Medaan, berada di café. Hmm sepertinya ada nih satu diantara café yang rekomended banget buat kalian yang menyukai nongkrong kumpul bareng teman teman dengan minuman kegemaran sejuta umat yakni kopi. Coffe box, satu diantara café yang saat ini telah berdiri dengan sendiri karna duli café ini cuma berada di mall sun plaza tapi saat ini coffee box ini telah berada di jalan Palang Merah dekat dengan royal komodium. Interior bangunan di buat semirip nuansa tempo dahulu, umpamanya pemakaian bahan kayu yang menguasai dan elemen tradisionil seperti lampu teplok, terasanya dibawa ke waktu dulu namun masih tetap memberi nuansa nyaman dengan pembagian ruangan indoor yang ber-AC serta non-smoking dan ruangan outdoor di lantai 2. Menu menu yang disiapkan banyak juga pilihan dari mulai camilan sampai makanan berat dari mulai Indonesian food, Chinese food sampai western food ada. Untuk minuman yaa tidak diragukan sekali lagi di sini spesialnya kopi dengan beragam jenis olahan minuman. Tapi janganlah cemas untuk kalian yang tidak sukai kopi jagan takut unuk ke sini karna di Coffe box ini sediakan minuman beda seperti milkshake, juice buah, serta banyak sekali lagi. Untuk harga masih tetap dapat di jangkau kok yakni sekitaran 30 ribu rupiah untuk makanannya serta sekitaran 20 ribu rupiah untuk minumannya. Tempat yang bagus serta nyaman dapat buat kalian ketagihan buat nongkrong di sana.


Kedai Kopi Apek



Kedai kopi yang satu ini yaitu satu diantara kedai kopi yang begitu legendaries. Berdiri mulai sejak 1922, nyaris seabad kedai ini berdiri tetapi situasi interior san eksteriornya masih tetap menjaga keasliannya. Kedai ini masih tetap ada di Bangunan tua yang kuat mulai sejak ia berdiri s/d sekarang ini, tanpa ada papan nama, tanpa ada billboard atau neon box moderen, tapi dapat di pastikan kita akan tidak salah masuk kedai. Kedai kopi Apek ini berdiri mulai sejak zaman orangtua Apek yang bernama Thia A Kee serta Khi Lang Kiao serta kedai ini masih tetap berdiri kuat hingga sekarang ini. usaha ini dilanjutkan oleh Apek saapan akrab Thia Tjo Lie bersama istrinya Lee King Lien. Meskipun Apek serta istri telah wafat th. 2012 lantas, tetapi kedai yang masih tetap di lakukan oleh generasi ketiganya masih tetap begitu kental tanpa ada kurangi ke khasannya pada zaman dulu dengan cita rasa yang begitu menempel. Kedai kopi ini memanglah mempersiapkan menu ciri khas kopi dan roti bakar jadi pelengkap, kopi Sidikalang dipadukan dengan roti bakar diolesi srikaya serta telur ayam kampung 1/2 masak jadi khasnya kedai kopi Apek ini. Apek menghidangkan kopi terpisah dengan susu kental manisnya dalam gelas kecil, hingga pengunjung dapat dengan bebas mengatur takarannya sendiri. Bila saat di kedai ini kalian lapar serta menginginkan pesan makanan yang ada di sekitar kedai ini silakan saja karna kedai apek membebaskan kalian makan apa sajakah. Memanglah demikian banyak etnis Tionghoa yang ngopi serta sarapan di kedai ini tetapi seringkali juga orang-orang pribumi nikmati kopi di kedai ini. berikut keistimewahan kedai kopi apek ini karna bisa menjadikan satu penggemar kopi tanpa ada melihat etnis. Kedai kopi apek ini dapat kalian dapatkan di jalan Hindu no 37 Medan Sumatra Utara dengan jam buka jam 6 pagi sampai 2 siang.


Mie Pangsit Tiong Sim



Untuk kalian yang non muslim, atau yg tidak hindari makanan non halal jadi coba mi pangsit yang berada di Medan ini. mi pangsit ini dihidangkan dengan daging babi, namum bila kalian tidak sukai dengan daging babi jadi kalian dapat memesannya dengan memohon dipisah. 80% bahan makanan yang disediakan di sini datang dari daging babi jadi buat kalian yang alergi atau untuk kalian yang muslim jauhi saja tempat makan mi pangsit Tiong Sim ini. mengenai menu menu yang disiapkan di twmpat makan ini diantaranya Mie/Kwetiau Goreng, Mie Pangsit, Nasi Campur, Kari Bihun, Nasi Hainam, Liong Tahu, Bakut Teh, Sate Padang, Bermacam Gorengan, Bakpao, Lontong, Cin Cong Fan, Sate Kerang serta banyak sekali lagi. Untuk harga yang di banderol ditempat makan ini cukup cocok dikantong yakni dari mulai 30 ribu rupiah sampai 50 ribu rupiah saja. Jam bukanya jam 10 pagi sampai tutup di jam 10 malam. Jadi tidak heran kalau tempat makan yang berada di daerah selat panjangm dibelakang hotel swis ber ; in ini selali ramai serta tidak sering sepi pengunjung.


Mie Ayam Kumango



Tempat makan ini adalah satu diantara mi ayam legendaris di kota Medan. Berdiri pada th. 1958, di Jalan Kumango Medan yang lalu nama Kumanggo jadi sisi yg tidak terpisahkan dari restoran ini. Restoran Mie Ayam Kumango, yaitu satu diantara tempat yang layak dicoba waktu kalian berniat berwisata ke kota multi etnis ini karna memanglah benar saja kalau beberapa pelancong suka ke medan untuk nikmati sajian sajian yang disuguhi oleh kota Medan Sumatra Utara ini. Mi ayam di sini telah jadi langgangan orang medan dari mulai yang muslim sampai non muslim semua etnis juga singgah ke tempat makan ini. karna memanglah spesialnya mi ayam ini dibuat memakai 100% daging ayam serta rempah rempah yang halal. Mie Ayam Kumango dibangun oleh pria berdarah Tionghoa bernama Acong. Mie Kumango begitu populer di kelompok penggemar kuliner, karna rasa ciri khas yang dipunyainya. Rasa yang ciri khas itu datang dari kuah yang memakai kaldu rebusan tulang serta mi yang dipakai, adalah olahan sendiri. Mi ayam kumango ini bisa kalian dapatkan di Jalan Kumango, diluar itu mi ayam kumango ini buka cabang di Sun Plaza serta Plaza Medan Fair. Bila kalian menginginkan mengunjunginya dapat segera ke tempat- tempat itu.


Kuliner Pagaruyung



Hai beberapa penggemar kuliner, bila kalian seseorang penggemar kuliner di Medan serta sekelilingnya kalian tentu tidak asing dengan tempat makan yang satu ini. kuliner Pagaruyung menghidangkan bermacam menu makanan yang tingkatkan selera makan kita, bagaimana tidak menu menu makan yang berada di kuliner pagaruyung ini sediakan sebagian menu ciri khas pusat jajanan. Menu menu itu diantaranya nasi briyani, roti cane, martabak india, martabak mesir, gado dado, sate, kerang rebus serta banyak sekali lagi. Untuk minumannya banyak juga pilihan seperti es juice, bandrek serta minuman minuman yang bisa kalian tentukan sendiri kesegarannya. Tempat ini cukup strategis karna keberadaannya di tengah- tengah kota Medan maka dari itu tempat ini begitu gampang buat diketemukan. kuliner pagaruyung ini yaitu foodstreet yang senantiasa ramai pada malam hari. Selama Jln. Pagaruyung Medan adalah surga wisata kuliner di Kota Medan dari dahulu hingga saat ini. Meskipun berupa foodstreet tapi kalian tidaklah perlu repot- ribet jalan dari ujung ke ujung untuk pilih menu, tinggal duduk di bangku mana saja dapat pilih menu apa sajakah. Beberapa besar yang datang ke lokasi ini yaitu pelancong. Jadi bila kalian miliki peluang bertandang ke kota Medan atau untuk kalian yang saat ini tengah ada di Kota Medan, jadi janganlah terlewat malam kalian tanpa ada singgah ke pusat kuliner malam kota Medan ini.


Teh Susu Telur



Untuk kalian warga Medan tentu telah tidak asing sekali lagi sama yang namanya TST. Yup TST yaitu singkatan dari Teh Susu Telur yang telah jadi satu diantara ikon kota Medan. Minuman TST ini di buat dengan beberapa bahan telur, susu kental manis, serta teh yang di rebus. Langkah membuatnya juga unik, awal mula penjual TST menuangkan susu kental manis kedalam gelas, lantas ditambah dengan gula, lalu ditambah dengan kuning telur. Sesudah semuanya bahan tertuang, lalu di jus memakai mixer, hingga semuanya bahan tercampur rata, serta membuat seperti busa putih. Lalu teh yang di rebus dituangkan kedalam gelas yang diisi kombinasi barusan. rasa-rasanya seperti teh yang pekat, dengan aroma susu serta telur yang wangi karna Bau amis dari minuman ini tersamarkan oleh bau teh serta susu yang menguasai. Minuman ini pas diminum waktu musim dingin atau musim hujan. Manfaat minuman ini dapat juga menghangatkan badan, sedikit mengenyangkan, karna kombinasi kuning telur memiliki kandungan karbohidrat serta menaikkan stamina, pas diminum lelaki ataupun wanita. Satu diantara warung TST yang dapat kalian kunjungi yaitu Warung Teh Susu Telur (TST) Pak Haji di Jalan Puri nomor 58, Medan Sumatra Utara. Warung Teh Susu Telur (TST) Pak Haji ini sediakan beragam camilan diantaranya seperti risol, emping serta sate kerang.


Warkop Elisabeth



Satu diantara tempat nongkrong yang dapat kalian kunjungi jika sekali lagi ke medan yaitu warkop Elisabeth. Warkop ini diberi nama Elisabeth karna tempatnya yang pas dimuka RS Santa Elisabeth, tempatnya ada di Jl. H Misbah. Warkop ini buka 24 jam lho, jadi kapanpun kalian ingin nongkrong kalian dapat melipir ke sini, sendiri atau dengan rekan sama nikmatnya, tapi bila berramai- ramai pasti lebih mengasyikan lah yaa. Kalian gak juga akan kesepian juga di sana karna kalian juga akan nongkrong sembari dengarkan life music dari beberapa penyani jalanan, serta kalian dapat juga request lho lagu apa yang sekali lagi ingin kalian denger. Menu di warkop ini standar warkop biasanya kok seperti, kopi, teh, mie goreng, serta banyak sekali lagi sampai menu yang unik seperti nasi perang juga dihidangkan di sana. nah rencanain malam atau siangmu buat nongkrong bareng teman teman agar semakin ramai untuk nikmati ikon kota Medan ini.


Durian Ucok



Bila kalian suka sama durian, janganlah ngaku jadi penggemar durian jika kalian Hanya suka durian hasil olahan saja. Nikmati juga hasil perkebunan Medan yang satu ini, yak durian Medan. Buah durian medan ini benar-benar sangat populer dengan ciri khas rasa yang legit sensasi rasa sedikit pahit yang menggoda. Serta kurang lengkap rasa-rasanya bila kalian pencinta durian belum juga cobalah durian medan di kota aslinya. Buah yang sebagian besar bernilai selangit ini dapat kalian jumpai di kota Medan. Satu diantaranya berada di kedai Durian Ucok. Kedai ini cukup lama berdiri di di Jalan Wahid Hasyim, tetapi terlebih dulu kedaiDurian Ucok ini ada di Jalan Iskandar Muda. Durian ucok ini begitu populer di medan maka dari itu tidak heran bila dalam semalam Bang ucok sapaan akrab dari Zainal abidin ini dapat jual duriannya sampai 6000 buah. Wah mengagumkan kan yaa. Kedai durian ucok ini buka mulai malam hari sampai mendekati pagi, tidak butuh cemas karna durian durian di sana tidak cuma untuk makan ditempat dibawa pulangpun juga bisa kok, asal janganlah lupa bayar ya hahaha. Bang ucok ini baikhati lho orangnya, bagaimana tidak buah durian yang uda kalian buka tetapi rasa-rasanya tidak enak kalian dapat tukerin buah itu dengan buah yang baru. Tenang saja bang ucok tidak juga akan kehabisan stock durian deh karna durian yang di jualnya didapat dari beragam daerah penghasil durian di Sumatera Utara seperti Sidikalang serta Sibolga. Bila tengah tidak musim durian (Maret-Mei) , jadi Bang Ucok memercayakan tengkulak yang sudah mempunyai stock durian terlebih dulu.


Merdeka Walk



Buat kalian yang jika malam malam bingung mencari tempat nongkrong di medan, nah inilah satu diantara tembat harus kunjungi karna rekomended banget buat kalian yang ingin nongkrong pada malam hari. Merdeka Walk sendiri sesungguhnya adalah areal hiburan malam sekalian tempat berkumpulnya beberapa pedagang kulier yang berada di Medan. Perihal ini pula yang jadikan Merdeka Walk seringkali dimaksud sebut jadi tempat kuliner paling besar yang berada di Medan. Sekurang-kurangnya ada 30 outlet kuliner yang berada di sana yang dapat kalian cicipi kulinernya, dari banyak outlet kuliner di sana ada juga 700 tempat duduk yang disiapkan buat kalian, jadi tentu ada kok tempat duduk yang dapat kalian gunain bila sekali lagi ada di sana, ya meskipun tempat ini senantiasa ramai tapi mungkin saja satu diantara tempat yang harus kalian kunjungi jugaa. Beragam kuliner lezat bisa kalian cicipi dari mulai soto, lontong sayur, sushi, steak hingga sop buntut serta banyak sekali lagi kuliner dari mulai yang ciri khas sampai moderen. Serta yang menariknya sekali lagi, di Merdeka Walk juga seringkali jadikan tempat beragam aktivitas seru anak muda seperti lomba band, lomba dance dan nonton bareng kompetisi bola.


Kuliner di Jalan Semarang



Jalan semarang yang berada di Medan ini adalah daerah pencinaan nih, jadi sebagian warganya orang beretnis Tionghoa. Daerah jalan semarang ini multi peranan sehari-harinya, seperti bila disiang hari tempat ini jadi lokasi sentra penjualan onderdil kendaraan di Medan, tetapi bila malamhari tempat ini disulap jadi pasar malam serta obyek wisata kuliner selama 200 mtr. di kota Medan. Mulai sejak th. 1960an daerah ini telah jadi daerah yang ikonik karna jadi satu diantara tempat hiburan di kota Medan pada saat itu. Wisata kuliner di jalan semarang ini menghidangkan beragam jenis minuman dan makanan dari mulai makanan berat sampai bermacam janana semuanya di jual di kawasa Jalan Semarang ini. memang buat bingung jika ingin pilih sich, tapi keuntungannya jika kalian ingin kulineran, tempat ini jadi temoat harus dikunjungi lhoo. Pasar malam hari ini mulai aktif mulai sejak jam 18 : 00 serta tutup pada jam 01 : 00, timingnya cocok banget buat jam anak nongkrong serta makan malam sambil keliling kota medan untuk berwisata.


Kesawan Square



Emang banyak banget tempat sentra kuliner di Medan ini dan tempat tempat itu pun meyuguhkan nuansa yang berbeda beda tentunya. Ada lagi nih kawasan yang tak jauh beda dengan jalan semarang yakni Kesawan Square. Kasawan Square ini juga mulai buka dan ramai dikunjungi pada malam hari dan berada di kawasan Jalan Ahmad Yani yang merupakan kawasan kota lama Medan. Kesawan Square ini menyuguhkan kuliner sepanjang jalan 800 meter, lebih panjang dari jalan semarang lah ya. Tapi di kesawan square kalian seakan dibawa kembali kemasa lalu. Menikmati kuliner lezat di antara bangunan tua peninggalan masa penjajahan tentunya bisa jadi pengalaman menarik tersendiri. Karena panjangnya area kuliner kesawan Square ini maka sajian yang dihidangkan ada mulai yang halal hingga yang tidak halal. Jangan khawatir untuk salah memesan saat kalian ada disana, kalian akan bisa membedakan para penjual penjual yang ada di sana kok karena mereka menggunakan atribut berbeda untuk membedakan sajian halal dan non halal. Jika tempat makan yang menyajikan menu halal, maka disana akan menggunakan warna biru pada kursi dan beberapa atribut lainnya, sedangkan untuk non halal, maka mereka disana menggunakan atribut berwarna merah. Jadi mudah kan untuk membedakannya. So jangan ragu lagi buat kalian yang igin menikmati makan ala ala tempo dulu di tempat ini.


Bihun Bebek Medan



Kuliner di Medan emang ga ada matinya, berbagai pilihan menu pun ada di sana mulai yang khasnya hingga yang sudah tak tahu asal kuliner itu dari mana saking banyaknya daerah dengan penjualan menu itu. Tapi jika di Medan kalian bakal kaget karena semua masakan yang ada di Medan khas rempah rempah medan yang kuat. Salah satu menu andalan yang ada di medan adalah Bihun Bebek, makanan ini wajib banget dicoba sama kalian kalian yang lagi ada di Medan atau bagi kalian yang ada di dekat medan cobalah cicipi hidangan yang satu ini. orang medan sendiri sering menyebut hidangan ini dengan nama Ak Bihun denga arti kata Ak adalah bebek. Mengolah bebek memang tidak semudah mengolah ayam. Apabila salah dikit, maka aroma tak sedap pun akan muncul. Untuk itu di medan punya dua cara pengolahan kuah bihun bebek ini. Yang pertama adalah Duck broth artinya kuah tersebut menggunakan kaldu yang dimasak dari bebek itu sendiri tanpa banyak menggunakan bahan-bahan lain sehingga aroma dan citarasa kaldu dari bebek itu dominan di dalam sup. Dan yang kedua adalah herbal based, yaitu dimana daging bebek dimasak beserta ingredients khas Chinese, contohnya tongkui, tongsem, kiche, angco. Jenis sup ini lebih menitik beratkan ke citarasa herbal dan sedikit hint di aroma kaldu bebek. Salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi untuk menikmati sajian ini adalah Bihun bebek Asie yang berada di Kedai kopi Kumango di jalan kumango tepat di belakang kantor analisa dan banyak orang yang menjulukinya Raja Bihun Bebek di Medan. Harga yang di tawarkan mulai 60 ribu hingga 100 ribu rupiah. Tertarik? Cobalah olahan menu bihun bebek mana yang kamu suka, herbal based atau duck broth.


Rumah Makan Nusa Indah



Rumah makan yang satu ini bisa jadi referensi kamu, kalo kamu lagi butuh asupan gizi di pagi hari. Rumah makan nusa indah, rumah makan ini telah berdiri 30 tahun lamanya. Sebuah rumah makan kecil berlokasi di jalan Palang Merah ini mungkin akan terlewati jika kamu tidak memperhatikannya. Ruko yang mempunyai 1 pintu dengan konstruksi bangunan yang sudah cukup tua ini sangat kontras dengan gedung pencakar langit diseberangnya, yaitu Royal Apartment. Rumah makan nusa indah ini mulai berjualan pukul 06.30 pagi dan menawarkan hidangan Indonesia tradisional seperti Nasi lemak, nasi sayur, dan nasi soto. Yang sering menjadi hidangan favorit beberapa orang adalah nasi sayur dan nasi lemaknya. Untuk nasi sayurnya sendiri berupa Nasi putih dengan siraman sedikit kuah, lalu dilengkapi dengan sayur nangka, labu siam, kacang panjang, kentang goreng, dan sambel dengan lauk pelengkap biasanya ayam goreng. Sedangkan nasi lemaknya agak kering dan pulen nasinya, ada tauco, sambel kentang dan serundeng yang menjadi khas nasi lemak Medan dan lauk pelengkapnya biasanya ada ikan kakap namun ada juga dendeng daging. Kedua hidangan itu rekomended buat kalian yang ga sepet sarapan di rumah. Tempat ini memang sering rame dikunjungi untuk sarapan denganbanyaknya mobil berjejer dekat dengan restoran. Penasran sama rasa nasi lemaknya kalian bisa datang dijalan palang merah Medan Sumatra Utara.


Lontong Sayur Kak Lin



Kalo kalian terlalu kenyang jika sarapan dengan nasi, maka ada alternative lain nih saat kalian ada di kota Medan ini, yaitu sarapan lontong sayur. Nah salah satu kedai lontong sayur yang sangat terkenal di medan ini adalah Lontong sayur kak Lin. Lokasinya juga strategis yaitu tepat di depan SMAN 1 Medan. Tempatnya juga enak karena berada di sebuah ruko yang disulap mejadi rumah makan. kedai Lontong kak lin ini menyediakan menu lontong dan nasi. Namun yang jadi primadona di tempat ini adalah lontong sayurnya. Lontong sayur kak lin ini memiliki rasa manis dari keripik kentang dan pedas dari bumbu pecal menyatu di kuah lontong yang memberikan pedas pedas manis gurih di setiap suapan. Nama Kak Lin berasal dari nama sang pemilik yaitu Nuzulina yang telah berjualan sejak tahun 1994 di sekitar SMAN 1 Medan. Berawal dari berjualan di emperan, kini Lontong Kak Lin berjualan di dua ruko yang digabung menjadi satu yang menambah kenyamanan pelanggan untuk sarapan. Harga lontong sayur yang dibanderol kak lin juga hanya mulai 15ribuan saja kok. Dan satu porsi itu juga cukup mengenyangkan perut. Alamat lontong kak lin yang bisa kalian cari adalah di jalan Teuku Cik Ditiro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar